Wednesday 11 January 2012

Sejarah Pengabdian Masyarakat Oleh Yayasan Fortuna

Mulai tahun 2011 lembaga kursus dan pelatihan Fortuna memperoleh sertifikasi " B" dari Badan Sertifikasi Nasional.

Dalam menunjang program pemerintah khususnya di bidang pendidikan luar sekolah, dan untuk menampung anak2 putus sekolah dan para pencari kerja yang semakin lama semakin banyak jumlahnya, maka kami memberanikan diri untuk menyelenggarakan kursus2 pendidikan luar sekolah masyarakat pada tanggal 1 Desember 1968 dengan kursus menjahit pakaian wanita dan anak sebagai awal mulanya
Pada tanggal 1 Desember 1973 kursus tersebut mendapat pengesahan dari Kepala Kantor Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, (surat keputusan Nomor  : 04/set/PWPK.L.Kabinkab/C-73) . Dengan surat ini, maka nama kursus kejuruan wanita “FORTUNA” menjadi sah secara hukum
Di tahun tahun berikutnya, kursus kejuruan wanita FORTUNA berturut turut mendapatkan pengesahan dari sisi status, izin, perpanjangan izin, bersama dengan naiknya peringkat kursus hingga ke tingkat Nasional.
Pengajar / Tutor
Sumber belajar yaitu pengajar / tutor  bervariasi tingkat ketersediaannya mengikuti jumlah siswa yang belajar, tetapi terdapat dua pengajar tetap yaitu direktur yayasan Fortuna ibu Zaitun Sundoyo dan anaknya Dian Markhamah.
Untuk menambah wawasan para pengajar ini senantiasa mengikuti perkembangan mode busana dan pendidikan ketrampilan di berbagai seminar dan penataran/pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. DIsamping itu mereka dipastikan sudah mengantongi ijazah Negara yang memadai dari yayasan Fortuna sebelum terjun mengajar.
Tingkat Kelulusan Ujian Negara
Tingkat kelulusan dari tahun ke tahun dari berbagai jenis kursus yang di adakan yayasan Fortuna berkisar antara 15 s/d 25 berijazah Negara.   Tingkat kelulusan ini, berasal  dari sekitar tiga kali lipat jumlah siswa yang belajar. Data mengenai ini tersedia baik di kantor Yayasan Fortuna maupun di Kantor Wilayah DepDikBud propinsi Lampung.
Beasiswa / Bantuan Belajar Lainnya
Dalam melaksanakan pengabdian masyarakat, Yayasan Fortuna telah memberikan beasiswa kepada banyak siswa / warga belajar yang dipandang layak dan perlu untuk menerima beasiswa.
Sejak tahun 1990 hingga tahun 1997, berjumlah 32 siswa (data terlampir) dan sebagian besar mereka kami bimbing untuk magang, yaitu kami persiapkan untuk menjadi guru (sumber belajar).
Selain memberikan beasiswa, kami juga memberikan les (kursus cuma-cuma) kepada banyak pihak, misalnya kepada ibu-ibu PKK di kelurahan Sidodadi, kecamatan Kedaton, kodya Bandar lampung.
Hasil Belajar
Kursus Fortuna yang memberikan pendidikan ketrampilan khususnya menjahit pakaian wanita dan anak yang berdiri sejak tahun 1968 dan dibina oleh DepDikBud, hingga saat ini telah menghasilkan / menamatkan para siswa atau warga belajar yang kini mereka telah terjun ditengah-tengah masyarakat. Sekitar 75 % mereka telah terjun dimasyarakat dengan membuat usaha sendiri, yaitu menjahit dan border dan sekitar 10% lainnya bekerja diperusahaan garmen sebagai pengawas dan karyawan.
Adapun sisanya ada yang bekerja diluar negeri , antara lain seorang siswa bernama Masayu Nurhayati tamat tahun 1992 saat ini telah membuka usaha konveksi di Amsterdam / Belanda dan seorang lagi yang bernama Rita membuka usaha di Amerika Serikat.
Disamping itu, para siswa yang telah tamat diikutsertakan pada pameran pembangunan dan pameran dalam peringatan Hari Aksara Internasional yang diselelnggarakan di arena pameran Way Halim, Kedaton, BandarLampung
Hubungan Yayasan Fortuna Dengan Kursus Lainnya.
Kursus menjahit mempunyai hubungan yang erat dengan kursus-kursus lainnya. Oleh karena itu Yayasan Fortuna dilengkapi dengan kurus-kursus sebagai berikut  :
  • Kursus Tata Rias Pengantin
Kursus ini kami pandang sangat erat hubungannya dengan kursus menjahit karena didalam kurikulum dituntut bahwa setiap siswa / warga belajar yang sudah sampai ke tingkat mahir mereka harus mampu membuat gaun pengantin, membuat sluier, membuat gaun pesta straples dan gaun lainnya.
  • Kursus Bordier
 Disamping kursus tata rias pengantin, kami melengkapi diri dengan kursus bordier karena kursus bordier masih satu jenis / kelompok dengan kursus menjahit.
Hubungan Kerjasama Dengan Instansi / Lembaga Lain
Hubungan dengan lembaga/yayasan dan instansi terkait lainnya adalah sebagai berikut :
  1. Dinas Sosial Propinsi Dati 1 Lampung, Jalan Urip Sumoharjo no.32 Bandar Lampung
  2. DharmaWanita sub unit MTsN 1 Tanjungkarang Jl.WayKanan No.42 Pahoman Bandarlampung Telp. 25186
  3. Kantor Wilayah Departemen Sosial Propinsi Lampung – Loka binakarya – Gedung Air Kodya Bandar Lampung, Jalan Imam Bonjol nomor 21 Bandarlampung
  4. Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga  (SMKK) Negeri Tanjungkarang. Jalan Cut Meutia nomor 21 Teluk Betung. Surat Keterangan Kerjasama Terlampir
Penutup
Rasa syukur sedalam-dalamnya dari penulis beserta semua jajaran Yayasan Fortuna dipanjatkan kepada Tuhan Alloh SWT, yang telah member berkah dan rahmatnya khususnya dalam penyusunan tulisan ini.  Semoga dapat memberikan dorongan kepada semua pihak agar dapat lebih mendalami dan memperluas cakrawala pengetahuan dan kerjasama khususnya dibidang pendidikan ketrampilan seperti yang telah diperjuangkan Yayasan Fortuna selama ini.

Di sarikan dari “Monografi LEmbaga Pendidikan Fortuna” yang di ajukan dalam rangka mengikuti lomba kursus teladan tahun 1997. Ditambah dengan berbagai sumber lainnya sebagai pelengkap.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

0 comments:

Post a Comment

Cari Sesuatu ?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
LKP Fortuna
Daftar Isi/Table of Content